Skip to main content

MERAWAT AKI

1. MENGISI CAIRAN YANG PERTAMA KALI PADA AKI
Isilah accu zuur ( H2SO4 ) dengan berat jenis 1.260 pada temperatur 20o C
Buka perekatnya
Isi dengan accu Zuur dengan b.j 1260, 20 c
Jangan gunakan air aki untuk pengisian pertama

PERHATIAN ! Untuk pengisian pertama jangan di isi dengan AIR AKI, AIR SULINGAN , atau cairan lain

2. MENAMBAH CAIRAN PADA AKI LAMA DAN AKI BARU.
Jika tinggi permukaan air sudah pada “Lower Level” Tambahkan segera dengan air Aki dan jangan dengan air lainnya. Tambahkan sampai pada upper level Selama pemakaian, tinggi permukaan elektrolit ( accu zuur ) akan turun, karena air akan terelektrolisa pada saat pengisian muatan listrik. Oleh karena itu periksa tinggi permukaan elektrolit. Jika kurang tambahkan dengan air suling ( air accu ).

2.1. Air yang di gunakan untuk menambah elektrolit harus air suling ( air aki ), sampai batas indikator permukaan yaitu di bawah lubang pengisi atau sampai tanda " UPPER LEVEL " Jangan menambah elektrolit dengan air ledeng atau air sumur karena akan merusak aki.

2.2. Jangan sekali - kali menambah elektrolit ( accu zuur ), karena akan mengakibatkan berat jenis elektrolit terlalu tinggi dan akan mengurangi umur aki.

2.3. Jangan menunda mengisi air sampai permukaan elektrolit turun sedemikian rupa sehingga plat positif dan negatif muncul diatas permukaan elektrolit atau dibawah " LOWER LEVEL ", Hal ini akan mengakibatkan plat memutih sehingga tidak dapat berfungsi lagi.

PERHATIAN ! Jangan gunakan air-air ini (accu zuur, air sumur, air ledeng), karena dapat merusak cell pada aki

3. JAGALAH KEBERSIHAN AKI

3.1. Bersihkan terminal aki bila kotor atau berkarat dengan lap basah dan bubuhkan vaselin. Karena jika kotor / berkarat, akan berakibat kendaraan susah distarter.

3.2. Periksa pengikat aki untuk memastikan aki tidak lepas. Jika pengikat aki rusak, diganti yang baru. Berikan vaseline pada terminal Aki agar tidak mudah berkarat Periksa pengait aki. Jika rusak segera ganti dengan yang baru Bersihkan terminal Aki bila kotor atau berkarat dengan lap basah

4. MENAMBAH MUATAN LISTRIK ATAU PENYETRUMAN ULANG Aki yang telah diisi elektrolit ( accu zuur ) harus selalu dijaga dalam keadaan bermuatan listrik. Karena berbagai gangguan seperti sulfatasi, akan terjadi jika aki di diamkan lama dalam keadaan tidak bermuatan listrik. ( discharge ). Untuk memeriksa keadaan muatan listrik melalui : - Ukur berat jenis elektrolit jika turun dibawah 1.200 pada 20o C, maka aki perlu mendapat tambahan pengisian muatan listrik. - Untuk aki kecil dimana elektrolit sedikit sehingga tidak dapat di ukur, maka keadaan muatan listrik dapat ditentukan dengan memasang lampu depan atau klakson. Jika lampu redup dan klakson lemah, maka aki perlu diisi muatan listrik.

PT. GS Battery. Inc. Jl. Laksda Yos Sudarso Sunter I, Jakarta 14350-Indonesia Ph : 62 - 21 - 6518979, Fax : 62 -21 - 6518975

Popular posts from this blog

Aki/Accu untuk Mobil Toyota Kijang Kapsul

Kijang Kapsul merupakan mobil MPV ber kapasitas 8-9 penumpang, kijang kapsul diproduksi toyota tahun 1996 sampai 2004 sebagai penerus kijang ekstra yang dihentikan produksinya tahun 1997 yang uniknya toyota menyediakan dua jenis bahan bakar yakni bensin dan diesel. Memiliki julukan penyempurna kijang grand extra desain kijang kapsul dibuat lebih bulat dan memiliki aerodinamis mobil yang lebih bagus dari pendahulunya yakni kijang extra, kijang kapsul juga memiliki kapasitas mesin yang lebih besar dari pendahulunya yakni 1800 cc sampai 2400 cc. Ukuran aki yang cocok dengan Mobil Toyota Kijang Kapsul,Tipe: NS 40 Z(S) 12V/35A Bisa Diupgrade Ke: NS 60 (S) 12V/55A Toko aki di Surabaya, Toko Aki/Accu Ultras Energia Surabaya menyediakan aki untuk Mobil Toyota Kijang Kapsul   dengan berbagai macam pilihan merek (GS Astra, Yuasa Pafecta dan Incoe), baik aki kering (Maintenance Free) dan aki basah. Layanan pesan antar...

Aki/Accu untuk Mobil Toyota Wish

Toyota Wish begitu diminati konsumen Tanah Air, meski didatangkan oleh importir umum dan tidak memiliki fasilitas garansi ATPM. Namun penggunaan dapur pacu serupa Corolla Altis, membuat konsumen merasa aman dalam hal ketersediaan spare part, terutama fast moving Tak heran bila varian Wish berkapasitas 2.000cc tidak terlalu diminati. Selain faktor sulitnya mencari komponen fast moving,teknologi mesin yang memiliki kode TAZ-FSE in, telah mengusung teknologi direct injection.Kualitas bahan bakar menjadi vital bagi mesin generasi ini. Dan hal itu membuat mesin tersebut rentan terhadap kerusakan akibat kualitas bahan bakar yang tidak terjamin di Tanah Air. Ukuran aki yang cocok dengan Mobil Toyota Wish,Tipe: NS 40Z 12V/35A Bisa Diupgrade Ke: NS 60 12v/55A Secara umum,dapur pacu Toyota Wish termasuk andal dan tidak memiliki kelemahan spesifik. Namun bila terdengar suara gemuruh ketika mesin berputar rendah, umumnya disebabkan oleh tensioner V-belt. Dan gejala ini h...

TOKO AKI ULTRAS

Didirikan di Surabaya, beralamat di Jl. Kutisari Utara 63, Surabaya. Bergerak dibidang jasa dan perdagangan jual beli aksesoris otomotif berupa baterai (accu/aki) genset, mobil, truk dan motor serta penunjangnya (air aki dan Zuur) Terdaftar dan sudah memiliki SIUP (Surat Ijin Usaha Perdagangan) di Surabaya sejak 2015, menjadikan  Toko Aki Ultras  memiliki jangkauan luas di sektor pelanggan baik dari swasta Profesional sampai dengan kantor pemerintahan. Perkembangan industri otomotif yang semakin pesat dan beragam, Toko Aki Ultras berada di garis depan untuk membantu pecinta maupun pemilik kendaraan bermotor yang membutuhkan jasa dan barang untuk baterai mobil dan motor dari s emua jenis ukuran Kegiatan Toko Aki Ultras  adalah layanan/jasa recharge/strum baterai (aki/accu) untuk segala jenis merek ukuran dan baterai serta penjualan secara Online (Pesan Antar)  maupun Offline (Penjualan ditempat) dengan harga yang bersaing, serta sistem tukar ...