Skip to main content

Tips Membuat Aki Motor awet

MOTOR sejak beberapa tahun belakangan ini telah menjadi sarana transportasi primadona untuk mudik Lebaran. Setiap tahun pemudik yang menggunakan roda dua jumlahnya terus meningkat. Kendaraan roda dua itu pun telah menjadi alternative pilihan transportasi mudik bagi sebagian besar masyrakat golongan menengah ke bawah, karena memang murah dan irit pengeluaran.
Namun, sejalan dengan pemberlakuan UULAJ No. 22/2009, yang mewajibakan sepeda motor untuk menyalahkan lampu di siang hari demi keselamatan dan keamanan berkendara. Untuk itu, dibutuhkan arus listrik yang stabil.
Bayangkan, pemudik sepeda motor harus menyalahkan lampu terus menerus selama berjam-jam sepanjang perjalanan dengan jarak tempuh hingga ratusan kilometer. Hal ini tentu membuat beban kerja accu ( aki) bertambah berat. Padahal sebagian besar kelistrikan motor diciptakan tidak untuk menyalakan lampu terus-menerus, meski ada beberapa sepeda motor keluaran terbaru begitu distarter otomatis lampu utama menyala.
TIDAK STABIL
Sebab arus listrik di mesin motor adalah dari kiprox (regulator rectifier) dan disuplai ke aki. Setelah itu disalurkan kekomponen listrik lainnya, seperti lampu, koil, klakson dan starter. Masalah terbesar kiprox, tidak pernah stabil, karena kiprox menerima arus listrik dari putaran mesin (rpm) yang bervariasi.
Bila suplai arus listrik dari kiprox ke aki cukup maka semua komponen listrik dapat bekerja dengan baik, pembakaran menjadi sempurna, tenaga meningkat dan irit BBM. Tapi jika arus dari kiprox lemah, maka aki akan tekor dan tidak dapat mensuplai ke lampu dan koil.Suplai arus listrik yang stabil membuat api di koil akan stabil dan besar. Sehingga pembakaran di motor akan sempurna, dan tenaga motor meningkat. Pemakaian BBM pun jadi lebih irit, busi menjadi lebih awet dan ruang mesin tetap bersih, tidak ada timbunan karbon yang disebabkan gagalnya pembakaran (no carbon deposit).

Popular posts from this blog

Aki/Accu untuk Mobil Toyota Kijang Kapsul

Kijang Kapsul merupakan mobil MPV ber kapasitas 8-9 penumpang, kijang kapsul diproduksi toyota tahun 1996 sampai 2004 sebagai penerus kijang ekstra yang dihentikan produksinya tahun 1997 yang uniknya toyota menyediakan dua jenis bahan bakar yakni bensin dan diesel. Memiliki julukan penyempurna kijang grand extra desain kijang kapsul dibuat lebih bulat dan memiliki aerodinamis mobil yang lebih bagus dari pendahulunya yakni kijang extra, kijang kapsul juga memiliki kapasitas mesin yang lebih besar dari pendahulunya yakni 1800 cc sampai 2400 cc. Ukuran aki yang cocok dengan Mobil Toyota Kijang Kapsul,Tipe: NS 40 Z(S) 12V/35A Bisa Diupgrade Ke: NS 60 (S) 12V/55A Toko aki di Surabaya, Toko Aki/Accu Ultras Energia Surabaya menyediakan aki untuk Mobil Toyota Kijang Kapsul   dengan berbagai macam pilihan merek (GS Astra, Yuasa Pafecta dan Incoe), baik aki kering (Maintenance Free) dan aki basah. Layanan pesan antar...

Aki/Accu untuk Mobil Toyota Wish

Toyota Wish begitu diminati konsumen Tanah Air, meski didatangkan oleh importir umum dan tidak memiliki fasilitas garansi ATPM. Namun penggunaan dapur pacu serupa Corolla Altis, membuat konsumen merasa aman dalam hal ketersediaan spare part, terutama fast moving Tak heran bila varian Wish berkapasitas 2.000cc tidak terlalu diminati. Selain faktor sulitnya mencari komponen fast moving,teknologi mesin yang memiliki kode TAZ-FSE in, telah mengusung teknologi direct injection.Kualitas bahan bakar menjadi vital bagi mesin generasi ini. Dan hal itu membuat mesin tersebut rentan terhadap kerusakan akibat kualitas bahan bakar yang tidak terjamin di Tanah Air. Ukuran aki yang cocok dengan Mobil Toyota Wish,Tipe: NS 40Z 12V/35A Bisa Diupgrade Ke: NS 60 12v/55A Secara umum,dapur pacu Toyota Wish termasuk andal dan tidak memiliki kelemahan spesifik. Namun bila terdengar suara gemuruh ketika mesin berputar rendah, umumnya disebabkan oleh tensioner V-belt. Dan gejala ini h...

TOKO AKI ULTRAS

Didirikan di Surabaya, beralamat di Jl. Kutisari Utara 63, Surabaya. Bergerak dibidang jasa dan perdagangan jual beli aksesoris otomotif berupa baterai (accu/aki) genset, mobil, truk dan motor serta penunjangnya (air aki dan Zuur) Terdaftar dan sudah memiliki SIUP (Surat Ijin Usaha Perdagangan) di Surabaya sejak 2015, menjadikan  Toko Aki Ultras  memiliki jangkauan luas di sektor pelanggan baik dari swasta Profesional sampai dengan kantor pemerintahan. Perkembangan industri otomotif yang semakin pesat dan beragam, Toko Aki Ultras berada di garis depan untuk membantu pecinta maupun pemilik kendaraan bermotor yang membutuhkan jasa dan barang untuk baterai mobil dan motor dari s emua jenis ukuran Kegiatan Toko Aki Ultras  adalah layanan/jasa recharge/strum baterai (aki/accu) untuk segala jenis merek ukuran dan baterai serta penjualan secara Online (Pesan Antar)  maupun Offline (Penjualan ditempat) dengan harga yang bersaing, serta sistem tukar ...