Skip to main content

FAKTOR PENYEBAB ACCU MUDAH RUSAK



Produsen aki pada umumnya merancang produknya  khususnya aki basah  memiliki masa pakai hingga dua tahun. Namun tak jarang, konsumen atau pemilik mobil mengeluh aki mobil mereka telah SOAK meskipun baru digunakan satu tahun.
penyebab aki cepat SOAK bukan hanya kekurangan cairan dan banyaknya peralatan elektronik yang menyedot setrum semata.

Bila penyebab tersebut tidak dikenali, pemilik mobil akan kesulitan mengantisipasinya. Alhasil, tiba-tiba pasokan arus setrum mandek. Mobil pun mogok di tengah jalan.

Lantas apa saja penyebab utama aki cepat rusak/SOAK?

1. Telat mengisi air aki

Berkurangnya air aki merupakan hal yang lumrah. Pasalnya, saban kali mobil digunakan terjadi proses pengisian arus setrum dari alternator ke aki. Pada saat itulah, air menguap, sehingga lama-kelamaan akan berkurang jumlahnya.

Fungsi air aki adalah menjadi pengantar arus listrik yang dipasok oleh alternator ke sel-sel aki. Oleh karena itu, bila sel tidak terendam air, proses pengisian arus listrik tidak akan maksimal.

Selain itu, sel yang tidak terendam air, akan cepat rusak. Pasalnya, sel tersebut akan cepat mengalami oksidasi karena kandungan asam di sekelilingnya yang bercampur udara. Akibatnya, sel cepat rusak.

Ada dua penyebab air aki cepat berkurang yaitu pengemudi yang terlalu sering menginjak pedal gas dalam-dalam. Sebab pada saat pedal gas diinjak dalam-dalam, saat itu pula proses pengisian arus listrik dari alternator deras mengalir. Tekanan di dalam sel juga tinggi, sehingga penguapan air aki terjadi.

Kedua, suhu di kap mesin yang terlampau panas. Selain karena mobil digunakan secara terus menerus menempuh jarak jauh, juga karena terkena radiasi sinar matahari.

Oleh karena itu sangat disarankan mengisi air aki minimal sebulan sekali dan jauhkan dari sinar matahari langsung dengan memarkir mobil di tempat yang teduh.

2. Alternator lemah

Alternator atau biasa disebut dengan dynamo ampere adalah peranti yang berfungsi sebagai generator yang menghasilkan arus listrik alternating current (AC) dan sekaligus mengubahnya menjadi arus direct current (DC). Komponen ini juga menjadi pembangkit energi listrik yang diisikan ke aki.

Pada umumnya Altenator aus karena faktor usia pemakaian atau karena faktor-faktor tertentu . Alternator yang masih bagus umumnya bertegangan 13 – 14 volt saat mesin mobil aktif dan pendingin ruangan (AC) mobil dihidupkan.

Bila alternator atau dynamo ampere ini telah aus – sehingga arus listrik yang dihasilkan tidak stabil – tidak segera diganti atau direparasi maka akan berdampak pada aki.

3. V-belt bermasalah

Jika alternator tidak bermasalah alias masih normal, tapi tingkat ketegangan V-belt tidak tepat, maka akan memicu aki cepat rusak. Pasalnya arus listrik yang disalurkan oleh alternator ke perangkat itu tidak stabil, kadang-kadang mengalir deras dan tak jarang mengecil karena V-belt kendur.

Begitu pula sebaliknya, bila tingkat ketegangan V-belt terlalu kencang. Sebab, dengan tingkat ketegangan V-belt yang tinggi maka putaran di roda alternator juga semakin kencang. Alhasil, arus listrik yang dihasilkan jauh di atas rata-rata.


4. Penggunaan perangkat elektronik yang berlebih

Menggunakan perangkat elektronik di mobil yang semakin banyak ragamnya berarti juga semakin banyak menyedot arus listrik. Bila tidak diimbangi oleh pasokan arus listrik dari alternator ke aki, maka aki akan cepat rusak.

Pun meski menggunakan peranti pembangkit listrik tambahan. Pasalnya, sumber arus listrik tetap alternator yang sama. Sedangkan, alternator juga memiliki batas maksimal tertentu sesuai dengan rancangan pabrikan.


5. Hubungan arus pendek listrik

Meski tidak sampai menyebabkan kebakaran dan mobil hangus, peristiwa hubungan arus pendek listrik atau korsleting tetap berpengaruh pada aki. Meskipun pada kasus-kasus tertentu aki masih bisa digunakan walaupun mobil baru mengalami korsleting listrik, aki tidak akan bertahan lama. menyebabkan aki mudah tekor dan lama-lama akan SOAK dengan sendirinya sehingga umur aki akan menjadi lebih pendek, maka cek segera jalur kelistrikan mobil anda.


Dengan perawatan baterai mobil yang bagus, maka diharapkan masa pakai aki akan maksimal sesuai dengan yang dijanjikan oleh produsen. Jika memang kondisi aki sudah soak maka segera hubungi kami TOKO AKI ULTRAS ENERGIA SURABAYA untuk mendapatkan pengganti baterai mobil kesayangan anda.

Popular posts from this blog

Aki/Accu untuk Mobil Toyota Kijang Kapsul

Kijang Kapsul merupakan mobil MPV ber kapasitas 8-9 penumpang, kijang kapsul diproduksi toyota tahun 1996 sampai 2004 sebagai penerus kijang ekstra yang dihentikan produksinya tahun 1997 yang uniknya toyota menyediakan dua jenis bahan bakar yakni bensin dan diesel. Memiliki julukan penyempurna kijang grand extra desain kijang kapsul dibuat lebih bulat dan memiliki aerodinamis mobil yang lebih bagus dari pendahulunya yakni kijang extra, kijang kapsul juga memiliki kapasitas mesin yang lebih besar dari pendahulunya yakni 1800 cc sampai 2400 cc. Ukuran aki yang cocok dengan Mobil Toyota Kijang Kapsul,Tipe: NS 40 Z(S) 12V/35A Bisa Diupgrade Ke: NS 60 (S) 12V/55A Toko aki di Surabaya, Toko Aki/Accu Ultras Energia Surabaya menyediakan aki untuk Mobil Toyota Kijang Kapsul   dengan berbagai macam pilihan merek (GS Astra, Yuasa Pafecta dan Incoe), baik aki kering (Maintenance Free) dan aki basah. Layanan pesan antar...

Aki/Accu untuk Mobil Toyota Wish

Toyota Wish begitu diminati konsumen Tanah Air, meski didatangkan oleh importir umum dan tidak memiliki fasilitas garansi ATPM. Namun penggunaan dapur pacu serupa Corolla Altis, membuat konsumen merasa aman dalam hal ketersediaan spare part, terutama fast moving Tak heran bila varian Wish berkapasitas 2.000cc tidak terlalu diminati. Selain faktor sulitnya mencari komponen fast moving,teknologi mesin yang memiliki kode TAZ-FSE in, telah mengusung teknologi direct injection.Kualitas bahan bakar menjadi vital bagi mesin generasi ini. Dan hal itu membuat mesin tersebut rentan terhadap kerusakan akibat kualitas bahan bakar yang tidak terjamin di Tanah Air. Ukuran aki yang cocok dengan Mobil Toyota Wish,Tipe: NS 40Z 12V/35A Bisa Diupgrade Ke: NS 60 12v/55A Secara umum,dapur pacu Toyota Wish termasuk andal dan tidak memiliki kelemahan spesifik. Namun bila terdengar suara gemuruh ketika mesin berputar rendah, umumnya disebabkan oleh tensioner V-belt. Dan gejala ini h...

TOKO AKI ULTRAS

Didirikan di Surabaya, beralamat di Jl. Kutisari Utara 63, Surabaya. Bergerak dibidang jasa dan perdagangan jual beli aksesoris otomotif berupa baterai (accu/aki) genset, mobil, truk dan motor serta penunjangnya (air aki dan Zuur) Terdaftar dan sudah memiliki SIUP (Surat Ijin Usaha Perdagangan) di Surabaya sejak 2015, menjadikan  Toko Aki Ultras  memiliki jangkauan luas di sektor pelanggan baik dari swasta Profesional sampai dengan kantor pemerintahan. Perkembangan industri otomotif yang semakin pesat dan beragam, Toko Aki Ultras berada di garis depan untuk membantu pecinta maupun pemilik kendaraan bermotor yang membutuhkan jasa dan barang untuk baterai mobil dan motor dari s emua jenis ukuran Kegiatan Toko Aki Ultras  adalah layanan/jasa recharge/strum baterai (aki/accu) untuk segala jenis merek ukuran dan baterai serta penjualan secara Online (Pesan Antar)  maupun Offline (Penjualan ditempat) dengan harga yang bersaing, serta sistem tukar ...